Selasa, 15 Juli 2014

29 PROYEK STRATEGIS KALTIM SIAP DIRESMIKAN PRESIDEN

SAMARINDA – Pemprov Kaltim terus memantapkan persiapan peresmian sejumlah proyek strategis Kaltim. Setidaknya terdapat 29 kegiatan senilai Rp 5,895 triliun yang siap diresmikan dan dilakukan peletakan batu pertama  pembangunannya  (ground breaking) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangka kunjungan kerja ke Kaltim yang dijadwalkan, 18 -- 19 Juni 2014.
“Persiapan terus kita lakukan untuk menyambut kunjungan presiden ke Kaltim. Makanya hari ini semua pihak terkait kita undang duduk bersama. Kita akan cek secara keseluruhan kesiapan proyek-proyek yang akan diresmikan. Termasuk kesiapan lokasi peresmian yang ditetapkan,” kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak ketika dikonfirmasi seusai memimpin rapat persiapan kunjungan kerja Presiden RI ke Kaltim, di Ruang Rapat Gubernuran, Samarinda, Kamis (22/5).




Seperti diketahui, Presiden SBY dijawalkan meresmikan 29 proyek masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) Kaltim, proyek daaerah, serta proyek yang didanai APBN pada 18 Juni, di Terminal Baru Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Kemudian dilanjutkan dengan agenda membuka Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVI, pada 19 Juni, di Komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda.
Berdasarkan pengakuan penanggung jawab maupun pelaksana proyek yang akan diresmikan, secara keseluruhan kegiatannya telah selesai dan siap diresmikan. Pun demikian kesiapan sarana dan prasarana penunjang di lokasi peresmian, dipastikan pihak Angkasa Pura telah siap. Sekalipun nantinya juga dirangkai peresmian beberapa bandara di Indonesia .


Melihat persiapan yang dilakukan, gubernur berharap seluruh rangkaian kegiatan yang direncanakan sukses dan berjalan lancar. Baik peresmian 29 proyek strategis Kaltim, maupun pembukaan Gelar TTG Nasional XVI.
“Khusus peresmian, tentunya kita semua berharap ini menjadi titik kebangkitan pembangunan Kaltim. Apalagi sebagian besar proyek yang diresmikan masuk dalam MP3EI Kaltim yang notabene merupakan kebijakan populer presiden dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah,” katanya sambil menyebut proyek yang diresmikan antara lain Terminal Baru Bandara Sultan Aji Muhammad Sultan Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Long Bawan Nunukan, Bandara Long Apung Malinau, serta Bandara Data Dawai Mahulu.
Kemudian Balai Rehabilitasi Narkoba BNNP Kaltim, Education Center Samarinda, Kaltim Convention Hall Samarinda, Masjid Al Maruf Samarinda, serta bebarapa pabrik kelapa sawit, beberapa pembangkit tenaga listrik di kabupaten/kota se Kaltim. Sedangkan proyek yang akan diground breaking pembangunan Gedung Intitut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, dan Gedung Institut Seni Budaya Indonesi (ISBI) Tenggarong.
“Ini kan proyek kebanggan presiden (MP3EI,Red) dan menjadi kebanggan seluruh masyarakat Kaltim. Oleh sebab itu, peresmiannya akan menghadirkan 15 Dubes se ASEAN dan Non ASEAN sahabat Pemprov Kaltim, serta 33 gubernur se Indonesia,” ucapnya.(arf)

Teks Foto : Suasana rapat persiapan kunjungan kerja presiden ke Kaltim, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Kamis (22/5). Nampak Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak memimpin rapat didampingi Kepala BIN Kaltim, Pangdam VI/Mlw, dan Kajati Kaltim (dari kanan ke kiri).(foto : diskominfo/rizky kurniawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar