Selasa, 22 Juli 2014

DISKOMINFO LATIH PESERTA KKN DAN PKL

SAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim melalui Bidang Aplikasi dan Telematika (Aptel) kembali menggelar pelatihan dasar-dasar aplikasi bagi pelajar dan mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) dan praktek kerja lapangan (PKL) di lingkungan instansi yang membidangi urusan wajib bidang kominfo ini.

“Pelatihan merupakan inisiasi kita untuk menunjang pengaplikasian teori pembelajaran yang didapat adik-adik pelajar dan mahasiswa selama menempuh pendidikan pada melaksanakan KKN maupun PKL di Diskominfo. Pelatihan diharap dapat meningkatkan penguasaan mereka terhadap penggunaan aplikasi yang bermanfaat untuk pengembangan kapasitas diri,” kata Kepala Diskominfo Kaltim melalui Kabid Aptel, Husaini ketika berbincang, di Samarinda, Rabu (16/7).
Husaini mengaku yakin setiap sekolah maupun perguruan tinggi asal peserta KKN dan PKL telah memberikan pengetahuan umum tentang dasar-dasar aplikasi. Makanya pelatihan yang diberikan diarahkan pada upaya pengembangannya.

Tidak dipungkiri, sekolah hanya tempat menuntut ilmu. Tempat pengaplikasiannya dilakukan di dunia kerja, baik instansi pemerintahan maupun swasta yang membidangi kominfo.


“Karena mereka di sini (Diskominfo,Red) secara moril kita bertanggung jawab membimbing mereka hingga dua bulan ke depan, sehingga saat kembali ke sekolah maupun perguruan tinggi akan semakin meningkat kapasitas penguasaan penggunaan aplikasinya,” aku mantan Kabid Dokumentasi dan Informasi (Dokinfo) ini.

Sejalan dengan itu, pelatihan merupakan bagian program strategis Diskominfo dalam kaitan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM. Sejak awal 2014, setidaknya telah dilatih sebanyak 850 peserta dengan berbagai jenis latar belakang. Mulai dari anak usia dini, pelajar, mahasiswa, hingga kalangan PNS dan Dharmawanita lingkup Kaltim.

Selain itu, Husaini mengaku siap memfasilitasi program bhakti sosial yang direncanakan peserta KKN dan PKL. Diantaranya bekerjasama dengan peserta KKN dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan peserta PKL dan Politeknik Samarinda menggelar sosialisadi dan pelatihan penggunaan internet sehat bagi siswa peserta pasentren kilat dan taman pendidikan Alquran (TPA) di sekolah-sekolah.

Diskominfo siap mendukung penyediaan perangkat mobil community acces point (M-CAB) atau mobil yang dilngkapi fasilitas internet gratis beserta operatornya untuk menunjang program bhakti sosial di maksud.

“Nah, peserta KKN maupun PKL silahkan memanfaatkannya. Cari sekolah-sekolah yang masih menyelenggarakan kegiatan. Sebab, selama ramdahan banyak sekolah sudah tidak melaksanakan kegiatan karena siswa diliburkan,” katanya sambal menyebut hari ini peserta KKN Unmul sudah memulai melaksanakan bhakti sosial tersebut di salah satu sekolah di Samarinda.(arf)

Teks Foto : Suasana pelatihan dasar-dasar aplikasi bagi peserta KKN dan PKL, di Ruang Training Center Diskominfo Kaltim, Samarinda, Selasa (15/6).(foto:diskominfo/arif maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar